Alternatif gratis cPanel WHM

Jika anda pernah membeli web hosting atau membantu klien dengan mendirikan situs mereka di berbagai macam shared hosting seperti Niagahosting, Rumahweb, dan lain2.
Anda tentu sudah sangat familiar dengan yang nama nya cPanel bukan?
cPanel adalah panel kontrol yang sangat sangat populer, kuat dan mengagumkan untuk mengelola website Anda, email dan berbagai hal lain.

Masalah dengan cPanel adalah bagi individu yang menjalankan server sendiri, dan ingin meng-host situs Web mereka pada menggunakan cPanel, harus bersedia merogoh kocek sekitar $ 13,95 USD / Bulan (Dari Reseller) sampai $ 20,00 USD / Bulan (Dari Official cPanel).

Oleh karena itu saya beberapa kali sering mencari alternatif untuk cPanel, karena saya ingin webhosting panel yang gratis dan dapat saya gunakan menggunakan VPS untuk para client serta project2 kecil saya sendiri.

Perlu di ingat bahwa beberapa webhosting panel yang saya lampirkan berdasarkan penilaian dari pengalaman saya sendiri. Dan mungkin masih ada banyak lagi webhosting panel yang jauh lebih baik dari lampiran yang saya buat.

Alternatif CPanel

Sentora (Sebelum nya zPanel)

Website: http://sentora.org/
Dokumentasi: http://docs.sentora.org/?node=23
cpanel alternatif - sentora
Sentora / zPanel adalah panel kontrol yang sangat bagus dan memiliki semua fitur yang anda harapkan untuk sebuah panel kontrol web hosting, ada administrasi file manager, administrasi akun ftp, database MySQL dan user, manajer DNS / domain, dan webmail (RoundCube ).

Sisi positif yang saya dapat dari Sentora yaitu:
Forum Community Support yang sangat bagus. Beberapa problem yang pernah saya hadapi bersama Sentora /zPanel selalu solved di forum tanpa harus searching google panjang lebar.

Sisi minus yang saya dapat dari Sentora yaitu:
System Administrasi Sentora benar2 basic, yang berjalan hanya Apache dan 1 versi PHP, tetapi bagi yang mengetahui OS Linux bisa melakukan costumize untuk menambahkan berbagai macam versi PHP di Sentora. Sentora hanya memiliki system keamanan standar OS Linux atau bisa di bilang tingkat keamanan nya sangat rendah, anda harus melakukan beberapa costumize untuk mengaman kan website anda.
Secara Overall:
Sentora sangat bagus dan pasti nya open source, anda dapat mencobanya jika masih merasa baru di dalam dunia System Admin. Dan saya sangat menyaran kan sentora untuk Entry Level.

Saya menggunakan Sentora / zPanel sejak 2012, dimana pada saat itu sedang melakukan development Private Server Game Online Perfect World Twilight

Ajenti

Website: http://ajenti.org
Dokumentasi: http://support.ajenti.org/
cpanel alternatif - ajenti
Ajenti sebenar nya bukan lah Webhosting panel, melainkan lebih fokus kepada Administrasi Server. Namun ada tambahan nya berupa Ajenti V yang bisa di aktifkan dan digunakan untuk Webhosting management.
Berdasarkan pengalaman saya menggunakan Ajenti, lebih mirip seperti webmin namun lebih complex dari webmin.

CWP (Centos Web Panel)

Website: http://centos-webpanel.com/
Dokumentasi: http://wiki.centos-webpanel.com/
cpanel alternatif - cwp
CentOS Web Panel adalah webhosting kontrol panel yang hanya berjalan di OS CentOS. Fungsi dari kontrol panel ini bisa di bilang hampir mirip dengan cPanel WHM, hanya berbeda dari segi tampilan.
CWP memiliki aktifitas / bisa di bilang yang paling stabil saat ini.
Anda bisa menginstall berbagai macam versi PHP / Apache, bahkan adan bisa menggunakan nginx + Apache + Varnish dengan reverse proxy untuk chace dan mempercepat loading website anda.

Sisi Positif CWP:
System Administrasi yang sangat bagus dari Web UI, anda dapat menggunakan multiple versi PHP secara bersamaan dan apache proxy nginx / varnish yang akan menambah performa website anda, serta memiliki bawaan system security menggunakan OWASP

Sisi Minus CWP:
Dokumentasi yang sangat kurang, serta community support yang cenderung lebih mata duitan, salah satu yang paling umum di temukan pada forum nya adalah kata2 “Contact Support”, ini arti nya anda harus menyewa tenaga support sekitar $ 10,00 USD sampai $ 60,00 USD tergantung dari jumlah yang di kerjakan.
Serta configurasi yang sulit di pahami apa bila belum terbiasa.

Overall CWP: cPanel alternative comes true, CWP benar2 hampir mirip dengan cPanel, tetapi anda harus benar2 mengetahui system administrasi server level menengah keatas.
Atau jika anda merasa punya duit, lebih baik langsung saja beralih ke cPanel, karena harga nya juga tidak beda jauh.

Leave a Reply

%d bloggers like this: