Mahasiswa Universitas Gunadarma yang tergabung dalam tim GARUDA berhasil meraih juara 2 dalam kompetisi Cansat 2016 tingkat internasional yang di selenggarakan pada tanggal 21 – 22 September 2016 di UlaanBaatar, Mongolia.

Kompetisi ini, dilaksanakan oleh Asia – Pasific Space Coorperation Organization ( APSCO) bekerjasama dengan Information Technology, Post and Telecommunication Mongolia (ITPTA Mongolia). Kompetisi CanSat merupakan Kompetisi rancang bangun dan implementasi satelit kecil berukuran kaleng minuman standar Eropa.

Mahasiswa Universitas Gunadarma

Mahasiswa Universitas Gunadarma

Mahasiswa Universitas Gunadarma

Mahasiswa Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma Merupakan salah satu dari 12 (dua belas) Perguruan Tinggi yang di nominasikan oleh LAPAN untuk mengikuti kompetisi CanSat 2016, Kompetisi ini diikuti oleh Perguruan Tinggi dari berbagai negara termasuk Mongolia yang menjadi tuan rumah dari kompetisi ini.

Dennis Aprilla Christie yang memimpin rombongan dari Universitas Gunadarma yang beranggotajkan 7 (tujuh) orang didalam Tim Garuda, Sebelum berangkat Tim ini mendapatkan pembekalan materi di Kantor Pusat Teknologi Satelit (Pusteksat) LAPAN, di Rancabungur Bogor.

Setelah CanSat diluncurkan oleh roket, CanSat harus mampu mengambil data atmosfer, seperti ketinggian, temperatur, tekanan udara, kelembaban, dan lainnya kemudian dikirimkan datanya ke Ground Station.

dan Tim Garuda harus mengobservasikan data yang mereka peroleh, mengolah serta menganalisanya, kemudian mempresentasikan model CanSat dan hasil analisanya di akhir penghujung Acara.

Dalam kompetisi ini Tim Garuda juga menanamkan beberapa sensor didalam CanSatnya sehingga benar-benar mampu mengambil data atsmofer seperti temperatur, tekanan udara serta kelembaban tidak hanya itu Tim Garuda juga mampu mengolah data sikap CanSat terhadap bumi seperti bujur, lintang, ketinggian dan Orientasi.

dan CanSat garuda juga dilengkapi dengan kamera untuk mengambil citra objek yang sebelumnya ditentukan panitia. ini ditunjukan agar peserta mampu menyimulasikan tugas satelit sesungguhnya yang mampu mengambil dan mengirim citra bagian bumi.

Mahasiswa Gunadarma Meraih Juara di Kompetisi CanSat Internasional 2016

Mahasiswa Gunadarma Meraih Juara di Kompetisi CanSat Internasional 2016

setelah melalui proses pemjurian, dewan juri memutuskan Juara Runner-up diberikan kepada tim Garuda Universitas Gunadarma, Indonesia.

Prestasi yang sangat membanggakan bagi Universitas Gunadarma dan Warga indonesia pada umumnya, mengingat Gunadarma baru pertama kalinya mengikuti Ajang Kompetisi CanSat tingkat Internasional ujar Purnawarman Musa, dosen Pembimbing tim Garuda.

Sumber : CNN Indonesia
Sumber Gambar Sampul : Universitas Gunadarma

Advertisements
Categories: General

Harris Marfel

Welcome to Harris Marfel (hrace009) Personal Blog. At this blog i only write what i like. If you don't like it, simple GTFO

Leave a Reply

Related Posts

Berita Umum

3 Ciri Kalau Pacar Kalian Pasti Sudah Tidak Perawan

Klo diluar negri mungkin keperawanan sudah tidak dianggap begitu penting, tapi di indonesia hampir semua orang ingin punya pasangan yang masih suci/atau perawan (walau yang gak perawan belum tentu gak suci), nah buat kalian yang Read more…

Berita Umum

Pertanyaan untuk pengguna Rok Mini

Pertanyaan ini beredar di media sosial. Diajukan kpd para pemakai rok mini/celana super pendek di depan umum. Menggelitik sampai saat ini agaknya blm bisa dijwb dgn baik. Advertisements Related

Berita Umum

Pede Tingkat Tinggi

Advertisements Related

%d bloggers like this: