Remote Desktop RDP

Multiple Remote Desktop Session di Windows 10

Posted on

Saya mendapat tugas dari kantor untuk membuat Windows 10 bisa di remote dengan banyak session RDP secara bersamaan. Selama ini saya hanya mengetahui kalau Windows 10 hanya bisa menggunakan 1 session RDP, dan saya sampaikan ke bos saya, hal tersebut mustahil untuk di lakukan dan lebih baik beralih ke Windows Server yang bisa menggunakan banya session untuk Remote Desktop. Tapi bos saya mengatakan, bahwa di kantor ada orang yang bisa melakukan hal tersebut.

Saya mencari di Google dan mencoba mencari solusi. Saya juga melihat beberapa aplikasi RDP di internet, tetapi aplikasi tersebut tidak bekerja dengan baik apa lagi dengan update update terbaru dari Windows. Dan juga bagi saya menggunakan aplikasi pihak ke 3 bukan style saya.

Namun akhirnya, saya berhasil menyelesaikan problem ini dan bisa berbagi dengan para pembaca di blog ini. Untuk menyelesaikan nya, yang saya lakukan adalah memodifikasi file termsrv.dll yang berada di dalam folder Windows/System32

Sebelumnya saya juga sudah mencoba RDP Wrapper, namun tidak berhasil dan malah merusak Windows saya. Jadi solusi berikut ini saya rasa akan cukup membantu.

Solusi:

  • Pertama, backup file termsrv.dll yang berada di C:\Windows\System32 kemudian ubah owner file tersebut dari TrustedInstaller menjadi milik akun yang anda gunakan saat ini.
    Remote Desktop
  • Kemudian, anda harus mematikan Terminal Server sebelum memodifikasi nya dengan cara mengetik perintah ini di CMD / Powershell.

    RDP Powershell
  • Install HEX Editor tool untuk memodifikasi file DLL, saya menggunakan aplikasi gratis HxD Hex Editor
  • Anda harus mengganti string dan selalu berhati hati ketika akan melakukan modifikasi pada file system. String selalu berbeda di setiap build Windows 10.
  • Windows 10 yang saya gunakan saat ini adalah build 1903
  • Buka file termsrv.dll dengan Hex Editor, kemudian cari string 39 81 3C 06 00 00 0F 84 5D 61 01 00 dan ganti dengan B8 00 01 00 00 89 81 38 06 00 00 90 seperti gambar dibawah ini.
    Remote Desktop Hex Editor
  • Save hasil modifikasi, dan copy kan kembali ke C:\Windows\System32 kemudian restart PC anda, dan coba lakukan remote desktop dengan user berbeda dari PC lain.
  • Jika versi Windows 10 anda berbeda dengan punya saya, silahkan melihat referensi di bawah yang sudah saya kumpul kan.

Windows 10 Version 1903 (updated v2)

Windows 10 Version 1809 (updated)

Windows 10 Version 1803

Windows 10 Version 1709

Windows 10 Threshold Wave 2 Update

Windows 10 RTM 2015

Sekian dulu, semoga bisa membantu anda semua.
Jangan sungkan untuk menulis di kolom komentar jika ada pertanyaan.

Salam, Harris Marfel

Harris Marfel (hrace009) - Memberikan informasi dan Tutorial yang bermanfaat untuk para pemula, dan semua tutorial yang disajikan kami berikan secara gratis!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.