wordpress 5,wordpress,gutenberg,wp 5

WordPress 5.0 Akan Hadir, dan Begitu Juga Dengan Gutenberg!

Posted on

Kita semua telah sering mendengar tentang WordPress 5.0 dan kabar baiknya adalah bahwa WP 5 akhirnya diluncurkan. Dalam spekulasi peluncuran nya, beberapa orang tidak akan suka.

WordPress 5.0 adalah pembaruan besar yang diatur untuk mengambil komunitas WordPress. Bersama dengan beberapa perbaikan dan peningkatan yang signifikan, salah satu yang utama adalah “Gutenberg”, editor WordPress baru.

Semua mata tertuju pada editor WordPress baru yang akan mengguncang setiap sudut sistem WordPress. Miliaran dolar saat ini beredar di industri WordPress dan para investor sedang menunggu Gutenberg dengan antusias.

WordPress 5.0 dengan editor Gutenberg

Gutenberg adalah editor WordPress baru yang sejauh ini menerima beberapa tinjauan beragam dari komunitas WordPress. Diluncurkan sebagai plugin untuk keperluan pengujian, saat ini memiliki peringkat rata-rata 2,5 / 5 dengan rating 158 orang sebagai satu bintang.

Tapi tetap, orang-orang di WordPress sangat dalam membuat Gutenberg editor WordPress yang sempurna sementara juga menjaga reputasi platform pembuatan situs web yang mudah digunakan. Editor saat ini sangat user-friendly dan merupakan salah satu alasan utama di balik popularitas WordPress.

Banyak pengguna WordPress frustrasi atas fakta bahwa Gutenberg akan menjadi bagian dari inti WordPress dan bukannya diluncurkan sebagai plugin terpisah. Banyak pertanyaan mengapa Gutenberg dirilis dengan WordPress 5.0 karena hampir tidak dapat digunakan dan sangat belum diuji.

Beberapa ulasan pengguna yang telah menguji Gutenberg:
wordpress 5 - ulasan gutenberg

Salah satu cara atau lainnya, pengguna WordPress harus berurusan dengan editor baru. Gutenberg menyediakan antarmuka yang sangat mirip dengan membuat halaman tempat konten dipecah menjadi beberapa blok. Jika Anda mengenal Medium, Anda akan mengetahui sumber inspirasi nya.
Penampakan Gutenberg

Kompatibilitas Gutenberg

Gutenberg mungkin memiliki masalah dalam pengintegrasian dengan plugin WordPress. Hampir semua situs WordPress memiliki plugin yang dipasang di dalamnya dan banyak yang memiliki back-end yang disesuaikan untuk beberapa derajat sehingga ada kemungkinan lebih tinggi bahwa setelah rilis Gutenberg, semuanya bisa pergi ke selatan.

Namun, kontributor utama WordPress telah mencatat masalah bahwa rilis Gutenberg dapat menyebabkan masalah bagi pemilik situs dan mereka mencoba menyelesaikan masalah ini sebelum rilis resmi. Untuk saat ini, editor tersedia sebagai plugin bagi pengguna untuk menguji dan memberikan umpan balik dan ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa Gutenberg berfungsi untuk semua orang tanpa komplikasi.

Kompatibilitas adalah alasan utama mengapa banyak pengguna WordPress menuntut editor untuk dirilis sebagai plugin terpisah dan bukan sebagai bagian dari inti WordPress.

Fungsionalitas Gutenberg

Perubahan Styling Font

Di editor klasik, opsi styling font dapat dilihat di bilah alat di bagian atas.
old style
Ini sekarang telah diubah menjadi kotak dialog yang berada tepat di atas konten Anda.
new style

Perubahan Warna dan Ukuran Font

Pilihan warna dan ukuran telah bergeser dari bar bagian atas ke sidebar.
size and color

Menambahkan Gambar, Video, dan File Lainnya

Gutenberg menawarkan sistem blok untuk setiap jenis konten yang ingin Anda tambahkan dalam posting Anda. Cukup klik pada tanda ‘+’ dan Anda akan ditampilkan semua blok yang tersedia.
tambah gambar

Beralih atau Tidak Beralih? – Pertanyaan Besar

Upgrade ke versi perangkat lunak yang lebih baru adalah keputusan yang harus diambil setelah beberapa pengujian berjalan. Perusahaan biasanya enggan untuk meng-upgrade ke versi yang lebih baru dan terus bekerja pada yang sebelumnya karena mereka senang dengan kinerjanya. WordPress 5.0 akan membawa pembaruan keamanan utama dan perbaikan bug, jadi memperbarui situs web Anda ke 5.0 bukan merupakan pilihan tetapi suatu keharusan.

Gutenberg, di sisi lain, dapat dihindari dengan hanya menginstal plugin Editor Klasik yang akan memungkinkan Anda untuk menggunakan editor saat ini di WordPress 5.0. Namun, Anda tidak boleh bergabung dengan bandwagon pesimis sebelum mencoba editor sendiri. Jika Anda lebih nyaman menggunakan pembuat halaman, Anda mungkin benar-benar suka menggunakan Gutenberg. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum beralih ke Gutenberg:

  1. Kebutuhan akan dukungan pelanggan karena kemungkinan terjadinya kesalahan adalah tinggi.
  2. Anda mungkin perlu melatih klien Anda jika mereka menangani sisi konten situs web.
  3. Anda harus menguji Gutenberg di semua situs web Anda jika Anda mengelola banyak situs web.
  4. Jika Anda menggunakan WordPress untuk blog pribadi tempat aktivitas utama Anda sedang ditulis, Gutenberg mungkin menjadi opsi yang baik.

Menguji Gutenberg dan memutuskan apakah akan menggunakannya di situs web Anda akan menjadi proses yang akan dilalui semua orang. Anda perlu memastikan untuk membuat keputusan yang didasarkan pada apa yang terbaik untuk situs web Anda dan klien Anda dan bukan pada ulasan pengguna.

Gutenberg Kompatibel dengan Tema

Tidak seperti plugin WordPress, Gutenberg akan kompatibel dengan tema WordPress Anda seperti pada editor saat ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya di artikel, konten dipecah menjadi beberapa blok. Jadi, pengguna juga akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan blok mereka dan menambahkan tata letak spesifik langsung ke konten. Gutenberg akan memberikan pengalaman WYSIWYG yang lebih akurat dan berpotensi menjadi pengubah permainan saat membuat situs web.

Bagaimana dengan Klien Anda?

Pengguna WordPress biasa mungkin tidak menyadari kedatangan Guttenberg. Karena klien Anda sibuk dengan sisi bisnis, mereka mungkin tidak tertarik dengan WordPress 5.0 atau editor baru. Jika mereka, kebetulan, menangani sisi konten situs web, mereka akan mendapat kejutan besar.

Tugas Anda di sini adalah menjelaskan kepada mereka tentang Gutenberg dan memberi mereka tutorial sehingga mereka memahami bagaimana editor akan berubah dengan pembaruan baru. Dengan cara ini Anda akan dapat menghindari beberapa panggilan panik malam oleh klien Anda beberapa bulan kemudian.

Hal yang Perlu Diketahui Tentang WordPress 5.0

Sebelum memperbarui ke WordPress 5.0, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  1. Buat cadangan sebelum memperbarui ke WordPress 5.0. Anda tidak bisa kembali!
  2. WordPress 5.0 dapat merusak tema.
  3. Anda harus beradaptasi dengan cara yang berbeda untuk menggunakan tema dan plugin.
  4. Transisi ke Gutenberg tidak akan mudah. Sabar!
  5. WordPress 5.0 akan menggantikan semuanya dengan blok. Bahkan plugin.
  6. Jangan langsung meningkatkan ke WordPress 5.0. Tunggu beberapa bulan.

Fitur Baru WordPress 5.0

Pembaruan Keamanan

WordPress sering berada di tengah panggung ketika datang ke keamanan. Karena CMS yang paling populer di dunia, penyerang menganggapnya sebagai target yang lebih menguntungkan. The 5.0 akan datang dengan fitur keamanan yang lebih baik yang akan membuat memperkuat inti WordPress.

Pengoptimalan Seluler

Menjaga prinsip “Mobile First” dalam pikiran, tim WordPress 5.0 telah merilis tema WordPress baru, Twenty Nineteen. Tema ini sangat responsif di semua perangkat seluler dan ukuran layar. Ini juga cepat dan memberikan kinerja keseluruhan yang lebih baik yang meningkatkan SERPs situs web.

Crop Background Image

Memotong gambar latar belakang bisa membosankan bagi penerbit reguler. Dapat menghabiskan banyak waktu yang dapat dimanfaatkan di tempat lain. WordPress 5.0 akan membiarkan Anda memotong gambar sebelum ditayangkan. Itu akan menghemat banyak waktu yang Anda investasikan untuk mengubah latar belakang.

Bagian akhir dari Nasihat

Jika Anda ingin mendapatkan rasa Gutenberg, unduh plugin dan mulailah menjelajah. Transisi akan jauh lebih mudah jika Anda terbiasa dengan fungsi dasar editor. Karena kedatangan Gutenberg tidak dapat dihindari, Anda dan situs web Anda harus siap untuk menjalankan editor baru.

Gravatar Image
Memberikan informasi dan Tutorial yang bermanfaat untuk para pemula, dan semua tutorial yang disajikan kami berikan secara gratis!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.